Syarat & Ketentuan

Last Update: Desember 12, 2022

Dengan bertransaksi di Nukar make secara otomatis Anda telah menyetujui segala kebijakan yang berlaku. Harap membaca kebijakan baik-baik sebelum Anda melakukan transaksi

Definisi

  • Nukar adalah suatu platform yang menyediakan layanan pembelian dan pembayaran produk digital dalam satu aplikasi.
  • Situs Nukar adalah Nukar.com
  • Syarat & ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Nukar yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna dan Nukar, serta tata cara penggunaan sistem layanan Nukar
  • Pengguna adalah pihak yang menggunakan atau terdaftar menjadi member dari layanan Nukar, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, Penjual ataupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs atau Aplikasi Nukar.
  • Member adalah Pengguna terdaftar yang melakukan Deposit Saldo, Transaksi Produk digital yang diperdagangkan di aplikasi Nukar.
  • Produk digital adalah berupa Pulsa, Voucher Game, Token Listrik, Dll yang dibeli oleh member di Aplikasi Nukar.
  • Rekening Resmi Nukar adalah rekening bersama yang disepakati oleh Nukar dan para pengguna untuk proses transaksi produk di Aplikasi Nukar.

Akun, Saldo, Poin, Keamanan, Verifikasi

  • Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
  • Nukar tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna/Member
  • Pengguna yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai Penjual/Pembeli produk digital yang tersedia di layanan Nukar.
  • Pengguna harus memahami bahwa semua data yang diperlukan oleh Nukar adalah data yang valid, jika tidak demikian maka sistem kami akan memblokir data pengguna secara permanen.
  • Nomor handphone yang didaftarkan pengguna merupakan nomor handphone aktif yang dapat menerima panggilan dan pesan singkat.
  • Nomor Handphone yang didaftarkan merupakan hal paling krusial pada akun yang dimiliki.
  • Jika Nomor HP yang terdaftar sudah tidak aktif / hilang / rusak maka akun terdaftar di nomor tersebut tidak dapat digunakan kembali dan itu di luar tanggung jawab pihak Nukar.
  • Saldo Nukar adalah pembayaran utama dalam transaksi pembelian di situs Nukar.
  • Saldo Nukar dapat di tambahkan melalui fitur "Top Up Saldo" yang ada pada halaman utama aplikasi.
  • Saldo Nukar tidak dapat dicairkan atau diuangkan, saldo hanya dapat digunakan untuk melakukan transaksi.
  • Nukar tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat & ketentuan dan/atau hukum yang berlaku, yakni melakukan spam request top up saldo saldo berkali-kali dalam hitungan hari, melakukan tindakan hacking di situs Nukar, dan/atau pelanggaran lainnya.
  • Poin/Point adalah bonus bagi pengguna aplikasi Nukar.
  • Poin didapatkan dari cashback transaksi, transaksi downline maupun transaksi secara mandiri atau transaksi yang dilakukan sendiri oleh pengguna.
  • Poin hanya didapatkan jika nominal transaksi downline diatas Rp 10.000.
  • Poin dapat ditraik dan di konversikan menjadi saldo yang dapat digunakan untuk bertransaksi kembali.
  • Poin tidak dapat dicairkan dalam bentuk uang.
  • Poin untuk setiap transaksi downline dan transaksi pribadi dapat berubah sewaktu - waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  • Nukar memiliki kewenangan untuk menutup akun Pengguna baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Nukar.
  • Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem Nukar, termasuk namun tidak terbatas pada :
    • (i) manipulasi data Sistem;
    • (ii) kegiatan perambanan (crawling/scraping);
    • (iii) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi, dsb; dan/atau
    • (v) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.
  • Nukar memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan saldo Pengguna apabila ditemukan / diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan.
  • Pengguna tidak memiliki hak untuk mengubah Nomor Handphone Akun, karena untuk mencegah tindakan penipuan yang sulit terdeteksi karena mudahnya mengganti - ganti nomor handphone.
  • Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun, password, pin dan data keamanan lainnya untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
  • Nukar tidak akan meminta kata sandi, PIN, APIKEY, dan data keamanan lainnya milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu Nukar menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Nukar atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
  • Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu Nukar jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
  • Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Nukar tidak bertanggung jawab atas kerugian atau kerusakan yang timbul dari penyalahgunaan akun Pengguna.
  • Verifikasi data diri merupakan suatu sistem untuk menjaga keamanan transaksi pengguna.
  • Pengguna Wajib melakukan verifikasi data diri, jika tidak maka pengguna akan dibatasi penggunaan saldo perbulannya.
  • Verifikasi data diri diwajibkan menggunakan data yang valid berdasarkan KTP milik sendiri dan bukan milik orang lain.
  • Jika dalam proses verifikasi data diri pengguna menggunakan data dari pihak lain maka akun pengguna akan langsung dinonaktifkan.
  • Proses Verifikasi Data diri tidak melakukan sinkronisasi dengan data kependudukan suatu daerah atau daerah yang ada di indonesia, data di verifikasi hanya berdasarkan kelengkapan dan kesesuaian data yang dikirimkan.
  • Untuk melakukan Upgrade status pengguna ke pengguna Premium diharuskan melakukan Verifikasi data diri terlebih dahulu.

Transaksi

  • Transaksi meliputi pembelian produk digital dan pembayaran tagihan.
  • Pengguna wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Nukar dan melakukan pembayaran dengan menggunakan Saldo Nukar milik pengguna.
  • Transaksi Pembelian akan masuk ke dalam proses antrian sebelum akan tampil di halaman riwayat transaksi.
  • Jika Transaksi yang dilakukan tidak ada pada laporan transkasi maka transaksi masih dalam proses diantrian.
    • Saat melakukan Transaksi Pembelian, pengguna memahami dan menyetujui bahwa:
    • Pengguna bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Produk sebelum melakukan transaksi.
    • Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk Transaksi ketika Pengguna melakukan transaksi.
    • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan Produk merupakan tanggung jawab Nukar. Terkait ketersediaan Produk dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, sehingga dalam keadaan stok Produk kosong, maka Sistem akan menolak Transaksi atas produk yang bersangkutan.
  • Member memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antar pengguna dan Nukar melalui Saldo Nukar.
  • Pengguna memahami bahwa transaksi akan melakukan pemotongan saldo jika status transaksi PENDING, BERHASIL, PAID & HOLD ON. Saldo akan di kembalikan jika status transaksi GAGAL.
  • Detail dari Transaksi dapat dilihat di halaman "Riwayat".
  • Pengguna tidak mempunyai hak untuk membatalkan/menghapus transaksi yang sedang atau sudah diproses.
  • Pengguna memahami bahwa dalam melakukan transaksi yang mengakibatkan berkurangnya saldo dilakukan secara sadar oleh pengguna.
  • Transaksi dengan status GAGAL akan di hapus dari data transaksi dalam kurun waktu 3x24 Jam.
  • Demi Mengoptimasi Penyimpanan maka riwayat transaksi, deposit dan mutasi saldo akan terhapus otomatis dalam kurun waktu Per 1 Bulan.
  • Transaksi yang mengalami kendala akan di bantu customer service Nukar.
  • Transaksi yang mengalami status PENDING dalam waktu lama akan segera di tangani dan akan segera di update statusnya jika sudah ada update dari pihak provider/vendor.
  • Kecepatan Update status transaksi tergantung jaringan dan proses di penyedia/provider/vendor.
  • Serial Number yang diperoleh setiap transaksinya adalah kode referensi dari provider/vendor/auto generate sistem, sehingga dimunkinkan akan ada perbedaan serial number yang terdapat pada salah satu provider.
  • Transaksi yang mendapatkan status BERHASIL tetapi produk tidak masuk ke nomor pengisian maka akan di bantu komplain paling lama hingga 7 Hari Masa Kerja dan akan dibantu secapatnya.
  • Batas waktu komplein adalah 7 Hari dari tanggal transaksi dilakukan, lewat dari itu komplein tidak akan di proses dan saldo tidak akan dikembalikan.
  • Nomor handphone yang ditransaksikan pada sistem Nukar tidak akan disebarluaskan atau diperjual belikan.

Produk dan Layanan

  • Produk dan layanan di Nukar meliputi produk digital seperti pulsa, token pln, paket, data, voucher game, saldo emoney, dll serta layanan pembayaran tagihan seperti PLN, Air PDAM, BPJS, dll.
  • Produk dan layanan yang tersedia di Nukar merupakan produk dan layanan dari penyedia provider, vendor dan stock langung dari Nukar.
  • Pengguna memahami bahwa Harga dan Keterangan dari produk dan layanan di Nukar dapat berubah sewaktu - waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  • Dengan melakukan transaksi melalui Nukar, Pengguna menyetujui untuk membayar sejumlah harga produk atau layanan yang di tentukan yang nantinya akan di potong dari saldo Nukar.

Referral

  • Referral merupakan program untuk mengajak orang lain bergabung atau mendaftar menjadi pengguna di Nukar.
  • Program referral dapat digunakan oleh seluruh pengguna. Program referral tidak berlaku untuk pengguna yang melakukan transkasi melalui jalur API atau H2H.
  • Program referral memungkinkan pengguna mendapatkan Poin dari setiap transaksi dari pengguna yang di ajak bergabung di Nukar.
  • Pengguna baru yang di ajak bergabung disebut juga dengan nama Downline.
  • Pengguna yang mengajak bergabung disebut juga dengan nama Upline.
  • Besarnya Poin yang di dapatkan oleh upline dari transaksi downline dapat berubah sewaktu - waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  • Upline dituntut aktif dalam bertransaksi dan membantu downline jika memerlukan bantuan dalam menggunakan sistem Nukar.
  • Poin akan ditambahkan ke Poin pengguna dan dapat ditarik menjadi saldo Nukar. Upline yang tidak memiliki aktivitas transaksi dalam kurun waktu 100 hari terakhir dengan minimal transaksi Rp 10.000 maka tidak akan mendapatkan Poin dari downline yang dimiliki.
  • Downline dan Upline tidak diperkenankan melakukan tindakan kecurangan dalam bentuk apapun guna untuk mendapatkan Poin lebih besar.
  • Downline yang diajak akan menjadi downline pengguna selamanya tanpa batas waktu, selama downline tersebut masih aktif bertransaksi upline tetap akan mendapatkan Poin.
  • Bonus dari setiap transkasi downline akan diterima berupa Poin yang dapat di tarik Fitur Referral hanya berlaku satu tingkat, jika downline pengguna mengajak orang lain lagi, maka itu adalah Poin untuk downline pengguna tersebut.
  • Poin yang diterima pengguna adalah bonus langsung dari Nukar dan tidak dibebankan ke downline pengguna.
  • Harga upline dan harga downline sama rata atau tidak ada perbedaan karena tidak menggunakan sistem markup.

Tukar Komisi/Poin

  • Fitur tukar point merupakan fitur yang digunakan untuk melakukan penarikan Poin pada akun pengguna.
  • Fitur tukar point hanya dapat digunakan oleh pengguna yang telah menyelesaikan proses verifikasi data diri.
  • Poin yang ditarik akan di konversi menjadi saldo akun yang dapat di gunakan untuk bertransaksi kembali.
  • Poin yang sudah ditarik menjadi saldo tidak dapat di ubah kembali menjadi Poin.
  • Penarikan Poin dapat dilakukan kapanpun selama jumlah Poin masih cukup dari jumlah yang akan ditarik.

Deposit Saldo

  • Deposit saldo merupakan salah satu metode untuk menambahkan saldo di Nukar.
  • Deposit saldo dapat dilakukan melalui aplikasi Nukar.
  • Deposit Saldo memiliki beberapa metode pembayaran yang ketersediaannya dapat berubah sewaktu - waktu.
  • Metode pembayaran yang tersedia merupakan rekening bank pribadi, akun ewallet, serta layanan payment gateway yang bekerjasama dengan Nukar.
  • Proses penambahan saldo setelah melakukan transfer dana ke rekening pihak Nukar akan diproses maksimal 15 menit dari waktu transfer.
  • Guna untuk menghindari penyalahgunaan rekening, deposit saldo di Nukar menggunakan nominal untuk yang akan di tambahkan pada nominal deposit saldo.
  • Nominal unik yang di tambahkan pada deposit saldo akan di tambahkan sepenuhnya ke akun pengguna.
  • Pengguna harus melakukan pengiriman dana ke rekening/akun bank Nukar sesuai nominal bayar yang tertera pada aplikasi.
  • Apabila pengguna tidak melakukan transfer dana sesuai dengan nominal bayar yang tertera pada aplikasi maka deposit saldo akan di proses pada pukul 23.45 - 00.30 WIB atau bisa lebih lama.
  • Deposit saldo akan diproses otomatis dan manual oleh sistem tergantung dari metode pembayaran yang dipilih pengguna.
  • Biaya layanan yang dikenakan di beberapa metode pembayaran merupakan biaya layanan yang dikenakan oleh mitra payment gateway pihak ke tiga.
  • Saldo yang udah di tambahkan di akun pengguna tidak dapat ditarik kembali atau diuangkan.
  • Apabila pengguna terbukti melakukan kecurangan dalam deposit saldo maka pihak Nukar akan melakukan pemblokiran permanen tanpa pengembalian saldo pengguna.
  • Pengguna yang melakukan tindakan kecurangan akan dilaporkan kepihak berwajib berdasarkan hukum yang berlaku.
  • Untuk Deposit saldo melalui Payment Gateway Virtual Account, Minimarket, QRIS dan lainnya yang mengalami kendala akan di dilakukan pengecekan ke pihak payment gateway terlebih dahulu dengan proses maksimal 7 Hari Kerja.
  • Tidak diperkenankan melakukan Deposit saldo menggunakan Dana/Uang dari pinjaman pihak lain ataupun dana dari hasil penipuan, jika terbukti sistem akan otomatis melakukan pemblokiran secara permanen akun dan saldo tidak akan di kembalikan.

Status Pengguna

  • Nukar memiliki 3 Status Keagenan yaitu Reguler Member, Reseller, Agen dan Master:
    • Reguler Member merupakan status pengguna yang didapatkan pertama kali mendaftar di
    • Reguler Member mempunyai batasan fitur pada sistem Nukar.
    • Reseller merupakan status pengguna diatas Reguler Member, Reseller dapat menikmati semua fasilitas fitur di Nukar dan berkesempatan mendapatkan berbagai keuntungan dan harga lebih rendah.
    • Reseller, Agen dan Master Agen berkesempatan mendapatkan cashback dari setiap transkasi yang dilakukan serta akan berkesempatan mendapatkan berbagai keuntungan lainnya.
  • Pihak Nukar tidak akan bertanggung jawab jika member melakukan tindak penipuan ataupun kejahatan lainnya yang merugikan pihak lain, member akan bertanggung jawab penuh atas pelanggaran yang dilakukan dan tidak melibatkan pihak Nukar serta pihak Nukar akan menghapus status member secara permanen dan memblokir akun member jika terbukti melakukan pelanggara.

Penyelesaian Perselisihan

  • Sebelum melakukan penyelesaian perselisihan, dimohon pengguna untuk membaca dan memahami benar Syarat & Ketentuan yang telah di atur di Nukar.
  • Perselisihan akan diselesaikan dengan cara musyawarah kekeluargaan.
  • Jika dalam musyawarah kekeluargaan tidak menemukan solusi, maka permasalahan akan dibawa ke pihak berwajib untuk menyelesaikan perselisihan.
  • Penyelesaian Perselisihan dengan melibatkan pihak berwajib merupakan cara terakhir dalam menyelesaikan perselisihan.